RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Kuin Selatan 5 Banjarmasin
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tema :
Komunikasi
Kelas/ Semester :
5 (lima)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit
Pertemuan ke/ Siklus : 1/ I
A. Standar Kompetensi
Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
B.
Kompetensi Dasar
Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
C. Indikator
1.
Membaca
dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
2.
Memerankan drama pendek dengan penghayatan dan ekspresi
sesuai dengan karakter tokoh
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat bermain peran dengan
menggunakan lafal yang tepat
2.
Siswa
dapat bermain peran dengan menggunakan intonasi yang tepat
3. Siswa dapat bermain peran dengan menggunakan
penghayatan yang tepat
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
-
Tanggung jawab,
Bersahabat / Komunikatif
F. Materi Ajar
-
Drama pendek
Bertanding Futsal
A sebagai Anton
B sebagai Budi
C sebagai Caca
D sebagai Dimas
E sebagai Eka
Latar
menunjukkan suasana di halaman sekolah pada saat jam istirahat.
Caca : “Eka, kamu jadikan hari ini ke rumah aku untuk
belajar bersama ?” (sambil berjalan
mendekati Eka).
Eka :
“Pasti dong Ca ! (sambil mengacungkan jempol), nanti sekitar jam 5 sore aku
akan ke rumah kamu”.
Caca : “Baik lah, aku tunggu ya !”
Budi : “Hai Caca !, Hai Eka !”
(sambil menepuk pundak Caca dan Eka).
Caca + Eka : “Hai Budi !”
Budi : “Sore ini kalian datang ya ke
lapangan dekat rumahku !”
Caca : “Memangnya ada apa Budi ?”
(dengan muka heran).
Budi : “Sore ini aku, Dimas, dan Anton akan ikut
bertanding futsal melawan anak kelas 5B.”
Eka :
“Wah, asyik tuh.., tapi sore ini aku dan Caca mau belajar bersama.”
Budi :
“Padahal aku mau kalian dukung tim kami (sambil menundukkan kepala dengan muka
kecewa).”
Tiba-tiba Anton dan Dimas datang menghampiri Caca,
Eka, dan Budi.
Anton + Dimas : “Hai teman-teman !”
Dimas : “Apa yang sedang kalian bicarakan ?” (dengan wajah
agak heran).
Anton : “Iya nih, kayanya serius banget” (sambil
menggaruk-garuk kepala).
Budi : “Begini Dimas, Anton, aku mengajak Caca dan Eka
untuk mendukung kita sore ini.”
Dimas :
“Wah, bagus sekali, aku setuju itu. Jadi kita bisa semangat kalau banyak yang
mendukung kita.” (dengan wajah gembira)
Anton : “Betul sekali, pasti tim kita akan jadi pemenang.”
(sambil bertepuk tangan)
Budi : “Tapi, Caca dan Eka tidak bisa datang. Soalnya
mereka mau belajar bersama sore ini. Iya kan Ca ?”
Caca :
“Iya, kalian tidak marah kan ?” (dengan muka sedih).
Eka :
“Kami minta maaf ya ! tapi kami doakan semoga tim kalian menang” (sambil
mengacungkan kedua jempol).
Anton : “Yaah, ku pikir, kalian bisa datang sore ini” (dengan
wajah kecewa).
Dimas :
“Baik lah kalau begitu, kami tidak marah, yang penting kalian sudah mendoakan
tim kami” (sambil tersenyum).
Tiba-tiba bel tanda masuk berbunyi.
Anton :
“Eh teman-teman, bel sudah berbunyi, ayo kita masuk kelas !”
Caca+Eka+Dimas+Anton : “Ayo !” (sambil berlarian
menuju kelas).
G. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan : Kooperatif
2. Model Pembelajaran : Role Playing (Bermain
Peran)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, pemberian tugas, diskusi
H. Langkah-langkah Pembelajaran
-
Kegiatan
Awal ±10 menit
1. Salam
2. Siswa
berdoa
3. Perkenalan
4.
Mengondisikan siswa siap belajar selanjutnya memeriksa
kesiapan siswa dan alat pembelajaran
5. Guru
mengadakan apersepsi, dengan cara mengabsen kehadiran siswa
6. Menciptakan
ketertarikan menyanyikan lagu “Naik
Delman”
7. Memberikan
motivasi belajar
-
Kegiatan
Inti ±50 menit
1. Menyiapkan
skenario drama pendek anak yang akan ditampilkan
2. Menunjuk
siswa untuk mempelajari skenario
3. Membentuk
kelompok siswa
4. Memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
5. Memanggil
para siswa memerankan drama pendek
anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter
tokoh.
6. Memberikan
LKS untuk membahas penampilan masing-masing kelompok
7. Memberikan
penilaian
8. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
9. Melakukan
evaluasi
10. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, dan memberikan penguatan
-
Kegiatan Akhir
±10 menit
1. Membimbing
siswa menyimpulkan pelajaran
2. Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang
proses dan hasil belajar.
3. Siswa diberi tugas untuk berlatih kembali
memerankan drama yang lain dan membuat drama dengan tema yang
ditentukan.
I. Media dan Sumber Belajar
1. Media :
Gambar, topi penghargaan, teks drama.
2. Sumber : Buku
Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia
Kelas
V Sekolah Dasar Penerbit Grafindo Media Pratama, Naskah Drama, dan Standar Isi
2006.
J. Penilaian
1. Prosedur tes : tes awal,
proses, tes akhir
2. Teknik tes : lisan,
tertulis, sikap, unjuk kerja
3. Bentuk tes : essay,
observasi aktivitas siswa, bermain peran
4. Instrumen soal : Terlampir
5. Kunci jawaban : Terlampir
6. Bobot nilai : Jumlah soal =
5, bobot nilai = 20, skor maks = 100
Banjarmasin,
23 April 2012
Pengamat Peneliti
NoorWahidah, S.Pd Area Reja Saputra
NIP.19660411
198804 2 001 NIM. A1E308314
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Hasmi, S.Pd
NIP. 19620225 198207 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar