RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Kuin Selatan 5 Banjarmasin
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tema :
Komunikasi
Kelas/ Semester :
5 (lima)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit
Pertemuan ke/ Siklus : 1/ II
A. Standar Kompetensi
Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam
diskusi dan bermain drama
B.
Kompetensi Dasar
Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat.
C. Indikator
1. Membaca dialog drama pendek dengan lancar
dan jelas
2. Memerankan
drama pendek dengan penghayatan dan ekspresi sesuai dengan karakter tokoh
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat bermain peran dengan
menggunakan lafal yang tepat
2.
Siswa
dapat bermain peran dengan menggunakan intonasi yang tepat
3. Siswa dapat bermain peran dengan
menggunakan penghayatan yang tepat
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
ü
Tanggung jawab,
Bersahabat / Komunikatif
F. Materi Ajar
-
Drama pendek
Undangan Ulang Tahun
A sebagai Andi
B sebagai Bella
C sebagai Afika
D sebagai Dea
E sebagai Surya
Pada pagi hari sebelum bel tanda
masuk berbunyi.
Bella :
“Andi, tunggu !” (sambil berlari mengejar Andi)
Andi :
(Menghentikan langkah dan menoleh kebelakang) “Ada apa Bella ?”
Bella :
“Ini, aku mau mengundang kamu di acara ulang tahunku besok” (sambil menyodorkan
kartu undangan ke tangan Andi).
Andi :
“Terima kasih Bella, apakah kamu juga mengundang Afika, Dea, dan Surya ?”
Afika :
“Bella !” (sambil berlari mendekati Bella)
Bella :
“Hai, kamu baru datang ya ?”
Afika :
“Iya, tadi aku di antar oleh Ayahku. Kalian sedang apa di sini ?” (dengan wajah
heran).
Bella : “Ini undangan untuk kamu Afika, besok ada acara
ulang tahunku di rumah” (sambil menyodorkan undangan ke tangan Afika).
Afika :
“Terima kasih Bella (sambil membuka undangan). Andi, kamu juga di undang ya ?”
Andi :
“Iya Afika, ini undangannya” (smbil memperlihatkan undangan kepada Afika).
Dea+Surya : “Hai teman-teman !” (sambil berjalan mendekati Bella, Andi,
dan Afika)
Dea :
“Waah, pagi-pagi sudah ngumpul, ada apa ?”
Surya :
“Itu undangan siapa Andi ?”
Andi : “Ini undangan acara ulang tahunnya Bella pada hari
minggu besok” (sambil memperlihatkan undangan kepada Surya).
Bella :
“Surya, Dea, ini ada undangan untuk kalian” (sambil menyodorkan undangan kepada
Surya dan Dea)
Dea :
“Terima kasih Bella !” (sambil tersenyum).
Bella :
“Sama-sama, aku ke kelas dulu ya, sekalian membagikan undangan ini kepada
teman-teman yang lain. Jangan lupa datang ya.” (sambil berjalan kearah kelas)
Afika :
“Iya Bella !”
Surya :
“Teman-teman, bagaimana kalau kita berangkat bersama ke rumah Bella besok ?”
Dea :
“Iya, tadinya aku juga mau mengajak kalian berangkat bersama besok.”
Andi :
“Baik lah, aku setuju.”
Surya :
“Kita berkumpul di rumahku ya, nanti aku tunggu kalian.”
Dea : “Siip, aku pasti datang.”
(sambil mengacungkan jempol)
Afika : “Aku juga !” (sambil
mengacungkan jari telunjuk).
Surya : “Bagus ! teman-teman,ayo kita
masuk kelas !”
Dea+Afika+Andi : “Ayo !” (sambil berjalan kearah
kelas).
G. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kooperatif
2. Model Pembelajaran : Role Playing (Bermain Peran)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, pemberian tugas, diskusi,
H. Langkah-langkah Pembelajaran
-
Kegiatan
Awal ±10 menit
1. Salam
2. Siswa
berdoa
3.
Mengondisikan siswa siap belajar selanjutnya memeriksa
kesiapan siswa dan alat pembelajaran
4. Guru
mengadakan apersepsi, dengan cara mengabsen kehadiran siswa
5. Menciptakan
ketertarikan menyanyikan lagu “Kalau Kau Suka
Hati”
6. Memberikan
motivasi belajar
-
Kegiatan
Inti ±50 menit
1. Menyiapkan
skenario drama pendek anak yang akan ditampilkan
2. Menunjuk
siswa untuk mempelajari skenario
3. Membentuk
kelompok siswa
4. Memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
5. Memanggil
para siswa memerankan drama pendek
anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter
tokoh.
6. Memberikan
LKS untuk kelompok
7. Memberikan
penilaian
8. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
9. Melakukan
evaluasi
10. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, dan memberikan penguatan
-
Kegiatan Akhir
±10 menit
1.
Membimbing siswa menyimpulkan pelajaran
2.
Siswa
dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3.
Siswa
diberi tugas untuk berlatih kembali memerankan drama yang lain dan membuat drama dengan tema yang ditentukan.
I.
Media dan Sumber Belajar
1. Media : Gambar, topi penghargaan, teks drama
2.
Sumber
: Buku Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B
Penerbit
umum, Naskah Drama, dan Standar Isi 2006
J. Penilaian
1. Prosedur tes : Tes awal, proses,
tes akhir
2. Teknik tes : lisan,
tertulis, sikap, unjuk kerja
3. Bentuk tes : essay,
observasi aktivitas siswa, bermain peran
4. Instrumen soal : Terlampir
5. Kunci jawaban : Terlampir
6. Bobot nilai : Jumlah
soal = 5, bobot nilai = 20, skor maks =
100
Banjarmasin,
14 Mei 2012
Pengamat Peneliti
NoorWahidah, S.Pd Area Reja Saputra
NIP.19660411
198804 2 001 NIM. A1E308314
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Hasmi, S.Pd
NIP. 19620225 198207 1 001
NIP.19660411
198804 2 001 NIM. A1E308314
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Hasmi, S.Pd
NIP. 19620225 198207 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar