RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Kuin Selatan 5 Banjarmasin
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tema :
Komunikasi
Kelas/ Semester :
5 (lima)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit
Pertemuan ke/ Siklus : 2/ I
A. Standar Kompetensi
Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan
bermain drama
B.
Kompetensi Dasar
Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
C. Indikator
1.
Membaca
dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
2. Memerankan
drama pendek dengan penghayatan dan ekspresi sesuai dengan karakter tokoh
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat bermain peran dengan
menggunakan lafal yang tepat
2.
Siswa
dapat bermain peran dengan menggunakan intonasi yang tepat
3. Siswa dapat bermain peran dengan
menggunakan penghayatan yang tepat
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Tanggung jawab, Bersahabat / Komunikatif
F. Materi Ajar
- Drama
pendek
RENCANA BERLIBUR
A sebagai Pak Tono (Ayah)
B sebagai Bu Tini (Ibu)
C sebagai Dewi (kakak 1)
D sebagai Doni (kakak 2)
E sebagai Desi (adik)
Pada malam hari, Ayah, Dewi, Doni,
dan Desi sedang berkumpul di ruang keluarga.
Ayah :
“Desi, apakah ada tugas rumah dari gurumu di sekolah ?” (sambil duduk mendekati
Desi).
Desi :
“Ada, Desi dapat PR Bahasa Indonesia dan Matematika Yah.”
Ayah :
“Lalu, apakah PR kamu sudah selesai di kerjakan ?”
Desi : “Sudah Ayah, Desi sudah kerjakan semuanya” (sambil
tersenyum).
Ayah : “Bagus Desi, Ayah senang jika kamu rajin belajar”
(sambil menepuk pundak Desi).
Tiba-tiba Ibu datang dengan membawa
pisang goreng dan teh hangat.
Ibu :
“Lihat anak-anak, Ibu membuat pisang goreng untuk kalian” (sambil meletakkan
piring yang berisi pisang goreng dan teh di atas meja).
Dewi :
“Wah, kayanya enak nih !” (sambil mengambil 1 pisang goreng).
Doni :
“Terima kasih Bu !” (sambil tersenyum dan mengambil 1 pisang goreng).
Ibu :
“Sama-sama, ayo di makan !”
Desi :
“Ayah, minggu depan libur sekolah telah tiba, kita akan berlibur kemana Yah ?”
Ayah :
“Terserah kalian saja anak-anak, yang penting kalian senang.”
Dewi :
“Kita ke pantai saja Yah ! (sambil mengangkat jari telunjuk)."
Doni :
“Lebih baik kita ke puncak saja, di sana udaranya sejuk” (sambil mendekati
Ayah).
Ibu : “Aduh, Ibu jadi bingung”
(dengan wajah bingung).
Desi :
“Bagaimana kalau kita ke rumah kakek saja !” (sambil menarik tangan Ibu).
Dewi :
“Ayah, aku ingin ke pantai dan berenang di sana” (dengan wajah memelas).
Ayah :
“Hmm..(sambil menghela nafas). Memangnya berapa lama kalian libur sekolahnya ?”
Doni : “Seminggu Yah!” (sambil
mengambil 1 pisang goreng).
Ibu : “Ibu ikut saja kemana
kalian mau” (sambil tersenyum).
Ayah :
“Bagaimana kalau kita ke rumah kakek, lalu pulang dari sana kita kepuncak dan
ke pantai ?”
Dewi + Desi : “Setuju !” (sambil melompat kegirangan).
Doni :
“Doni juga setuju !” (sambil tersenyum).
Ayah :
“Bagus, minggu depan kita akan berangkat. Ibu setuju kan ?”
Ibu :
“Iya ayah, ibu juga setuju” (sambil tersenyum).
Dewi+Desi+Doni :
“Hore !” (sambil bertepuk tangan).
G. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan : Kooperatif
2. Model Pembelajaran : Role Playing (Bermain Peran)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, pemberian tugas, diskusi
H. Langkah-langkah Pembelajaran
-
Kegiatan
Awal ±10 menit
1. Salam
2. Siswa
berdoa
3.
Mengondisikan siswa siap belajar selanjutnya memeriksa
kesiapan siswa dan alat pembelajaran
4. Guru
mengadakan apersepsi, dengan cara mengabsen kehadiran siswa
5. Menciptakan
ketertarikan menyanyikan lagu “Pergi
Belajar”
6. Memberikan
motivasi belajar
-
Kegiatan
Inti ±50 menit
1. Menyiapkan
skenario drama pendek anak yang akan ditampilkan
2. Menunjuk
siswa untuk mempelajari skenario
3. Membentuk
kelompok siswa
4. Memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai.
5. Memanggil
para siswa memerankan drama pendek
anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter
tokoh.
6. Guru
memberikan LKS untuk kelompok
7. Memberikan
penilaian
8. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
9. Melakukan
evaluasi
10. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, dan memberikan penguatan
-
Kegiatan Akhir
±10 menit
1. Membimbing
siswa menyimpulkan pelajaran
2. Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang
proses dan hasil belajar.
3.
Siswa
diberi tugas untuk berlatih kembali memerankan drama yang lain dan
mencari naskah drama pendek di majalah atau surat
kabar.
I.
Media dan Sumber Belajar
1.
Media : Gambar, topi penghargaan, teks drama
2. Sumber : Buku Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia
Kelas V
Sekolah Dasar
Penerbit Grafindo Media Pratama, Naskah
Drama, dan Standar Isi 2006
J.
Penilaian
1. Prosedur tes : tes awal, proses, tes akhir
2. Teknik tes : lisan,
tertulis, sikap, unjuk kerja
3. Bentuk tes : essay,
observasi aktivitas siswa, bermain peran
4. Instrumen soal : Terlampir
5. Kunci jawaban : Terlampir
6. Bobot nilai : Jumlah soal = 5, bobot nilai = 20, skor maks = 100
Banjarmasin,
2 Mei 2012
Pengamat Peneliti
NoorWahidah, S.Pd Area Reja Saputra
NIP.19660411
198804 2 001 NIM. A1E308314
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Hasmi, S.Pd
NIP. 19620225 198207 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar